Microsoft Surface, Tablet dan Notebook yang seperti Permukaan Lantai


Microsoft Surface, Tablet dan Notebook yang seperti Permukaan Lantai - Beberapa waktu yang lalu, Microsoft meluncurkan Microsoft Surface, sebuah Tablet super tipis dari Microsoft. Yang bertujuan tentu saja menyaingi tablet milik Apple yaitu iPad. Tetapi, keunggulan dari Microsoft Surface adalah dapat dipasangkan dengan keyboard. Pemansangan keyboard pun sangat mudah, karena koneksi yang digunakan adalah "Magnet", bukan USB.

Ada dua versi Microsoft Surface. Versi pertama adalah Surface dengan OS Windows 8 Pro dan Surface dengan OS Windows RT. Untuk melihatnya lebih dekat, silahkan kamu melihat iklan Microsoft Surface



Asal Usul Nama Microsoft Surface
Microsoft Surface sebenarnya produk yang sudah ada dan sudah dimilki domain maupun trademarknya. Microsoft Surface adalah meja seharga $10.000 dengan multitouch yang bisa dilihat di beberapa korporasi dan juga bar. Produk meja tersebut sekarang telah berganti nama menjadi Pixelsense.

Surface sekarang adalah sebuah tablet Windows 8. Surface dalam Bahasa Indonesia artinya adalah "Permukaan". Jadi, jangan heran kalau kamu membeli Surface, Tablet ini sangat tipis, sehingga lebih mirip "Permukaan lantai".

Hardware Microsoft Surface
Sekarang kita akan membahas apa spesifikasi hardware dari Microsoft Surface. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Surface memiliki 2 versi, yang pertama adalah Surface dengan Windows 8 Pro dan Surface dengan Windows RT. Nvidia Tegra 3 digunakan dalam Surface dengan Windows RT. Dan juga ada pilihan kapasitas, yaitu 64 GB dan 128 GB dan menggunakan SSD (Solid States Drive) untuk Windows Pro dan kapasitas 32GB/64GB untuk Windows RT.

Kedua versi menggunakan layar 10.6", tetapi kalau Windows 8 Pro akan dapat menayangkan Full HD (1080p), sedangkan Windows RT hanya bisa menayangkan 720p. Windows 8 Pro juga akan lebih berat dan lebih tebal. Perbandingan Windows 8 Pro dan Windows RT adalah 13.5mm/903g melawan 9.3mm/676g

Microsoft Surface memiliki beberapa port, yaitu MicroSD, USB2.0, dan Micro HD video. Sedangkan untuk yang vesi Windows 8 Pro datang dengan MicroSDXC, USB3.0, dan juga mini DisplayPort.

Bahan casingnya adalah magnesium alloy dan Microsoft memberikan nama bahan tersebut adalah VaporMG. Dengan bahan tersebut, akan menampakkan produk yang solid, dan tentu saja bahan ini lebih tahan akan goresan. Dan juga terdapat stand agar Surface bisa berdiri. Sama seperti gambar diatas.

Keyboard Microsoft Surface
Surface dapat dilengkapi dengan keyboard. Ada 2 versi yang dikeluarkan, yaitu versi yang lebih ramping dinamakan Touch Cover dengan sensitive keys, dan ada keyboard yang lebih tebal dengan tombol mechanical action bernama Type Cover. Kedua versi tersebut menggunakan magnet untuk dapat digunakan di Microsoft Surface.

Software Microsoft Surface
Ada beberapa hal penting dan perbedaan antara kedua versi OS ini. Inilah ulasannya:
Windows 8 Pro akan dapat menggunakan software dari Windows dan juga dapat menggunakan semua software yang tersedia di internet. Termasuk juga Metro Apps.
Windows RT hanya dapat menggunakan Metro Apps.
Windows RT akan dilengkapi dengan Office Home and Student 2012.
Ada desktop di kedua versi, namun desktop tersebut tidak akan berjalan di Windows RT. Opsi untuk menggunakan desktop hanya ditujukan untuk Metro Developed applications.
Windows RT hanya dapat menggunakan Internet Explorer sebagai browser.
Jika kamu tidak mengerti, berpikirlah kalau Surface dengan Windows 8 Pro sebagai komputer biasa seperti komputer desktop (PC) atau Notebook. Sedangkan Surface dengan Windows RT adalah tablet sungguhan, dan tidak dapat menjalangkan software dari Windows.

Harga dan Tanggal Rilis Microsoft Surface
Microsoft berkata bahwa harga Surface akan bersaing di pasaran. Tentu saja maksudnya adalah harganya akan tidak jauh berbeda dengan Tablet yang dikeluarkan oleh perusahaan lain. Surface dengan Windows RT akan hadir bersamaan peluncuran Windows 8. Sedangkan untuk yang Pro, akan hadir 3 bulan mendatang saat Windows 8 meluncur.

0 komentar:

Posting Komentar